RSS

Waspada Transfusi Darah

12 Jan

Pentingnya kunci dari grup Rh perannya dalam penyakit Hemolytic dari janin dan bayi baru lahir. Ketika ibu Rh negatif membawa janin yang positif, ia bisa menjadi diimunisasi terhadap antigen Rh. Ini biasanya tidak penting selama kehamilan itu, tetapi dalam kehamilan berikutnya ia dapat mengembangkan suatu respon kekebalan terhadap antigen Rh. Sistem kekebalan ibu dapat menyerang sel darah merah bayi melalui plasenta. kasus ringan dari HDFN dapat menyebabkan cacat tetapi beberapa kasus yang parah yang fatal. Rh-D adalah antigen sel paling sering terlibat merah di HDFN, tapi lain antigen sel darah merah juga dapat menyebabkan kondisi. The “positif” atau “negatif” dalam jenis darah mendengar seperti “O positif” adalah antigen Rh-D.

Sejumlah penyakit menular (seperti HIV, sifilis, hepatitis B dan hepatitis C, antara lain) dapat lulus dari donor ke penerima.

Transfusi Infeksi Menular

Di antara penyakit daripada yang dapat ditularkan melalui transfusi adalah:

  • HIV-1 dan HIV-2
  • Human T-lymphotropic virus (HTLV-1 dan HTLV-2)
  • Virus hepatitis C
  • Hepatitis B
  • Treponema pallidum
  • Malaria
  • Penyakit Chagas
  • varian Creutzfeldt-Jakob Penyakit atau “Mad Cow Disease” telah terbukti menular pada produk darah. Tidak ada tes untuk ini, namun berbagai langkah telah diambil untuk mengurangi risiko.

Ketika kebutuhan seseorang untuk transfusi dapat diantisipasi, seperti dalam kasus operasi dijadwalkan, autologous sumbangan dapat digunakan untuk melindungi terhadap penularan penyakit dan menghilangkan masalah kompatibilitas golongan darah. “Sutradara” sumbangan dari donor diketahui penerima adalah praktek umum selama tahun-tahun awal HIV. Jenis-jenis donasi masih umum di negara-negara berkembang.

Pengolahan darah sebelum transfusi

Sumbangan darah biasanya dikenakan untuk pemrosesan setelah dikumpulkan, untuk membuatnya cocok untuk digunakan pada populasi pasien tertentu. Contoh termasuk:

  • Komponen pemisahan: sel darah merah, plasma dan trombosit dipisahkan ke dalam wadah yang berbeda dan disimpan dalam kondisi yang sesuai sehingga penggunaannya dapat disesuaikan untuk Teman kebutuhan khusus pasien. sel Merah bekerja sebagai transporter oksigen, plasma digunakan sebagai suplemen faktor koagulasi, dan platelet yang ditransfusikan ketika jumlah mereka sangat langka atau fungsi mereka sangat terganggu. Darah komponen biasanya disiapkan oleh sentrifugasi.
  • Leukoreduction, juga dikenal sebagai Leukodepletion adalah pengangkatan sel darah putih dari produk darah oleh filtrasi. Leukoreduced darah kurang cenderung menyebabkan alloimmunization (pengembangan antibodi terhadap golongan darah tertentu), dan kurang cenderung menyebabkan reaksi transfusi demam.
    • Transfusi pasien kronis
    • Potensi penerima transplantasi
    • Pasien dengan reaksi transfusi sebelumnya demam nonhemolytic
    • Pasien dengan defisiensi imun turun temurun
    • Pasien yang menerima transfusi darah dari keluarga dalam program-program diarahkan-donasi
    • Pasien yang menerima dosis besar dari kemoterapi, menjalani transplantasi sel induk, atau dengan AIDS (kontroversial).

Neonatal transfusi

Untuk menjamin keamanan transfusi darah untuk pasien anak-anak, rumah sakit mengambil tindakan pencegahan tambahan untuk menghindari infeksi dan lebih memilih untuk menggunakan unit darah khusus diuji pediatrik yang dijamin negatif untuk sitomegalovirus. Kebanyakan pedoman merekomendasikan penyediaan komponen darah CMV-negatif dan bukan hanya komponen leukoreduced untuk bayi yang baru lahir atau bayi berat lahir rendah pada sistem kekebalan tubuh yang belum sepenuhnya dikembangkan. Persyaratan ini tempat tertentu batasan-batasan tambahan pada donor darah yang dapat menyumbang untuk penggunaan neonatal. transfusi neonatal biasanya transfusi top-up, transfusi tukar, transfusi tukar parsial. transfusi Top-up adalah untuk kerugian diteliti dan koreksi derajat ringan anemi, sampai dengan 5-15 ml / kg. Bursa transfusi dilakukan untuk koreksi anemia, penghapusan bilirubin, pemindahan antibodi dan penggantian sel darah merah. sel darah merah Idealnya plasma-berkurang yang tidak lebih dari 5 hari digunakan.

A. Jika transfusi pertukaran diperlukan, darah yang kompatibel harus dipesan. Jika bayi terkena dampak (hidropik yaitu) dengan penyakit hemolitik Rh diantisipasi saat lahir, mungkin perlu untuk memiliki darah yang tersedia di persemaian sebelum pengiriman. Permintaan harus untuk O negatif dikemas sel darah merah dari volume spesifik yang diperlukan dan status CMV sesuai. darah ini dapat digunakan dalam salah satu dari cara berikut:

1. RBC mungkin diberikan sebagai transfusi sederhana (dengan atau tanpa Plasmanate tambahan) sementara stabilisasi dari bayi dicapai.

2. RBC mungkin digunakan untuk transfusi tukar parsial untuk akut meningkatkan hematokrit tanpa mengubah volume darah pada bayi sangat anemia.

B. Ketika kebutuhan untuk keadaan darurat, transfusi pertukaran lengkap hampir tertentu, pengaturan dapat dibuat di muka untuk seluruh darah O negatif atau PRBC negatif O resuspended dalam plasma beku segar.

C. Untuk transfusi tukar ganda-volume untuk penyakit hemolitik yang baru lahir atau untuk hiperbilirubinemia tanpa hemolisis, darah yang digunakan akan dikemas sel (tipe O, Rh khusus untuk bayi) resuspended ke hematokrit yang diinginkan dalam plasma beku segar yang kompatibel.

D. Sebuah transfusi tukar parsial sering dilakukan untuk polycythemia (lihat bagian mengenai polycythemia).

II. Meskipun antikoagulan standar (CPD) adalah asam, darah tidak perlu buffer. Jika bayi sangat acidemic, konsultasikan dengan neonatologist staf.

III. Jika memungkinkan, bayi harus NPO dan isi perut disedot sebelum prosedur.

IV. Transfusi tukar harus dilakukan di bawah sinar hangat teknik steril menggunakan.

V. donor darah harus dihangatkan dengan menggunakan darah hangat ke suhu tidak melebihi 37oC.

VI. Darah bayi tekanan, laju pernafasan, denyut jantung dan kondisi umum harus dimonitor selama transfusi pertukaran sesuai dengan protokol standar keperawatan.

VII. Jika konsentrasi bilirubin serum berada pada tingkat yang berbahaya dan darah untuk transfusi tukar belum siap, pertimbangkan priming bayi dengan 1 gram / kg (4 ml / kg) larutan 25% albumin garam-miskin untuk mengikat bilirubin tambahan dan menyimpannya dalam sirkulasi sampai pertukaran tersebut dapat dicapai ..

VIII. Kateter vena umbilikalis harus dimasukkan sampai ada aliran darah segera sebelum memulai transfusi tukar. Lihat bagian tentang penempatan kateter pusat untuk teknik. Transfusi tukar tidak harus dilakukan melalui jalur arteri umbilikalis kecuali UAC hanya digunakan untuk penarikan darah dengan penggantian simultan melalui vena umbilikalis atau IV perifer. Pada awal transfusi tukar, sampel darah pertama ditarik harus dikirim untuk 1) bilirubin total dan langsung; 2) hemoglobin dan hematokrit, 3) glukosa, dan 4) kalsium.

IX. Gunakan “pertukaran kit transfusi”, yang berisi kateter, stopcocks, tas sampah, dan kalsium glukonat.

X. Idealnya, darah (atau koloid dalam hal pertukaran volume parsial) harus ditanamkan melalui pembuluh darah perifer pada tingkat yang sama dengan penarikan darah dari UVC. Jika “push-pull” (tunggal kateter) teknik digunakan, tidak lebih dari 5 ml / kg bobot badan harus ditarik pada satu waktu.

XI. Volume pertukaran umumnya dua kali volume darah bayi, (umumnya diperkirakan akan 80 ml / kg). Pertukaran volume total tidak boleh melebihi satu unit dewasa darah (450-500 ml). Sebuah pertukaran dua volume standar akan menghapus sekitar 85% dari sel-sel merah yang beredar sebelum pertukaran dan mengurangi tingkat serum bilirubin tidak langsung oleh satu-setengah. Pertukaran darah harus memerlukan minimal 45 menit.

XII. Kebutuhan untuk memberikan kalsium tambahan adalah kontroversial. Jika digunakan memberikan 0,5-1,0 ml kalsium glukonat 10% IV, setelah masing-masing 100 ml darah pertukaran. Monitor detak jantung untuk bradikardi.

XIII. Pada akhir dari sebuah transfusi darah pertukaran harus dikirim untuk natrium, glukosa, kalsium, total dan bilirubin langsung, dan hemoglobin dan hematokrit.

XIV. Pada akhir dari sebuah transfusi tukar, kateter vena umbilikalis biasanya dihapus. Dalam hal pertukaran berikutnya, kateter baru dapat dimasukkan.

XV. Hipoglikemia sering terjadi pada jam pertama atau kedua menyusul transfusi tukar. Oleh karena itu diperlukan untuk memantau kadar glukosa darah untuk beberapa jam pertama setelah pertukaran.

XVI. Konsentrasi bilirubin serum rebound ke nilai kira-kira pertengahan antara sebelum dan tingkat pasca-tukar oleh dua jam setelah menyelesaikan transfusi tukar. Oleh karena itu, konsentrasi bilirubin serum harus dimonitor pada dua sampai empat jam setelah tukar dan selanjutnya setiap tiga sampai empat jam.

XVII. Menyusui dapat mencoba dua sampai empat jam setelah transfusi tukar.

Terminologi

Jenis istilah dan layar digunakan untuk pengujian bahwa (1) menentukan golongan darah (ABO kompatibilitas) dan (2) layar untuk alloantibodies. Dibutuhkan sekitar 45 menit untuk menyelesaikan (tergantung pada metode yang digunakan). Teknolog bank darah juga memeriksa persyaratan khusus pasien (misalnya kebutuhan untuk darah negatif dicuci, iradiasi atau CMV) dan sejarah pasien untuk melihat apakah mereka memiliki antibodi sebelumnya diidentifikasi.

Sebuah waran positif layar panel antibodi / investigasi. Sebuah panel antibodi terdiri dari komersial disiapkan kelompok suspensi sel O merah dari donor yang telah phenotyped untuk alloantibodies biasa ditemui dan klinis yang signifikan. sel donor mungkin telah homozigot (misalnya K + k-), heterozigot (K + k +) ekspresi atau tidak ada ekspresi berbagai antigen (K-k +). Fenotip semua sel donor yang diuji ditampilkan dalam tabel. serum pasien diuji terhadap berbagai donor sel menggunakan metode perangkat tambahan, misalnya Gel atau LISS. Berdasarkan reaksi serum pasien melawan sel donor, pola akan muncul untuk mengkonfirmasi adanya satu atau lebih antibodi. Tidak semua antibodi secara klinis signifikan (yaitu menyebabkan reaksi transfusi, HDN, dll). Setelah pasien telah mengembangkan antibodi secara klinis sangat penting bahwa pasien menerima antigen negatif phenotyped sel darah merah untuk mencegah reaksi transfusi masa depan. Sebuah tes antiglobulin langsung (DAT) juga dilakukan sebagai bagian dari penyelidikan antibodi.

Setelah jenis dan layar telah selesai, unit donor potensial akan dipilih didasarkan pada kompatibilitas dengan golongan darah pasien, persyaratan khusus (misalnya CMV negatif, iradiasi atau dicuci) dan antigen negatif (dalam kasus antibodi). Jika tidak ada antibodi hadir atau dicurigai, spin langsung atau CAC (komputer crossmatch dibantu) metode dapat digunakan.

Dalam metode spin langsung, dua tetes serum pasien yang diuji terhadap setetes suspensi 3-5% dari sel donor dalam tabung tes dan berputar dalam sebuah serofuge. Aglutinasi atau hemolisis dalam tabung tes merupakan reaksi positif dan unit tidak boleh ditransfusikan.

Jika antibodi dicurigai, unit donor potensial pertama harus diperiksa untuk antigen yang sesuai dengan fenotip mereka. unit Antigen negatif ini kemudian diuji terhadap plasma pasien menggunakan antiglobulin / teknik crossmatch tidak langsung pada 37 derajat Celsius untuk meningkatkan reaktifitas dan membuat tes lebih mudah dibaca.

Jika tidak ada waktu darah disebut “cocok uncross-darah”. Uncross-cocok darah O-positif atau O-negatif. O-negatif biasanya digunakan untuk anak-anak dan wanita usia subur. Hal ini lebih baik untuk laboratorium untuk mendapatkan sampel pra-transfusi dalam kasus ini sehingga jenis dan layar dapat dilakukan untuk menentukan golongan darah sebenarnya pasien dan untuk memeriksa alloantibodies

Sumber : The Medical News

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Januari 2011 in Biologi

 

One response to “Waspada Transfusi Darah

  1. Bila

    31 Januari 2011 at 05:45

    Makasih ya..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: